Buka Pelatihan Kewirausahaan, Wali Kota GSVL Ajak Pemuda Manado Rubah Mindset

MANADO – Pelatihan Kewirausahaan Pemuda yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado, Senin (8/4/2019) resmi dibuka Wali Kota, GS Vicky Lumentut (GSVL) diwakili Kadispora, Laurens Umboh.

Pelatihan itu berlangsung di Gedung Youth Center kawasan Megamas dihadiri puluhan peserta dari berbagai OKP (Organisasi Kepemudaan) di Kota Manado.

“Berdasarkan data statistic, untuk Kota Manado angka pengangguran per agustus 2018 mencapai 20.324 orang atau 10.38%. Ini angka cukup tinggi,” kata Wali Kota GSVL seperti disampaikan Umboh.

Pengangguran di ibukota Manado ini masih terbuka lebar dibanding data per agustus 2017 mencapai 18.203 orang atau 9,35% dari 194.713 angkatan kerja. “Jadi mengalami kenaikan. Nah, ini bagaimana kita mengatasinya? Tentunya pemerintah melakukan langkah persuasive dengan menggelar pelatihan-pelatihan seperti begini bagi para pemuda,” ujar Umboh didampingi Kabid Pemuda Dispora, Victor Singal.

Dengan kegiatan ini, pemerintah berharap agar para pemuda di Manado merubah mindset. Mengingat terjadinya perlambatan dalam menanggulangi pengangguran di Manado karena adanya ketimbangan antara pencari kerja dan ketersediaan lapangan kerja.

Kadispora Laurens Umboh mewakili Wali Kota Manado membuka Pelatihan Kewirausahaan Pemuda

“Angka pencari kerja cukup tinggi sementara lapangan kerja masih terbatas. Belum lagi melihat kualitas kompetensi dan produktifitas dimiliki sumber daya kita masih relative rendah,” jelasnya.

Menurut GSVL, mindset pemuda rubah dari mencari pekerjaan yang sesuai menjadi bagaimana menyesuaikan diri dengan kertebatasan lapangan pekerjaan, terlebih di era informasi saat ini yang diperhadapkan dengan tantangan global, revolusi industry 4.0.

“Era ini, sumber daya manusia tidak hanya dituntut berperan sebagai eksekutor tapi juga harus memiliki kemampuan sebagai inovator dan creator. Jadi dengan menanamkan jiwa kewirausahaan pamuda Manado harus memiliki kreatifitas dan inovasi untuk menjawab tantangan zaman saat ini,” pesan GSVL. #88

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020