Bupati JS: Angka Kemiskinan Menurun, Pertumbuhan Ekonomi Capai 62,03 persen

Bupati Mitra James Sumendap SH.
Bupati Mitra James Sumendap SH.

RATAHAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) baru-baru ini menggelar Konsultasi Publik, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 di Sport Hall Kantor Bupati Mitra.

Bupati Mitra James Sumendap SH, dalam sambutannya menjelaskan penyusunan RKPD tersebut merupakan dasar kerja yang mengacu pada tolak ukur pertumbuhan ekonomi Mitra ke depan.

“Pertumbuhan ekonomi Mitra yang naik mencapai 62,03 persen adalah bukti keberpihakan pemerintah daerah dalam menata perekonomian masyarakat,” tandas Bupati JS.

Menurut Sumendap, salah satu yang menyebabkan angka kemiskinan naik yakni jika terus bergantung pada APBD.

“Jika sampai saat ini Kabupaten Mitra dianggap miskin, ini disebabkan oleh adanya ketergantungan terhadap APBD,” ujar Sumendap.

Namun dikatakannya, jika ada yang menilai Kabupaten Mitra adalah Kabupaten termiskin, itu merupakan suatu kesalahan. Karena dari lima belas kabupaten kota se-Sulut, Kabupaten Mitra menempati urutan ke tiga se-Sulut terhadap turunnya angka kekesalahan.

“Kalau Kabupaten Mitra dinilai miskin, itu sebuah Kebohongan besar,” tegasnya.

Terhadap penjelasan Bupati JS tersebut, Kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Propinsi Sulut Ir Ricky Toemandoek mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Mitra naik dan angka kemiskinan menurun, tak lepas dari peran Bupati James Sumendap dalam program pengentasan kemiskinan.

“Tingkat pertumbuhan ekonomi kabupaten Mitra memiliki pertumbuhan yang sangat baik dan di atas rata-rata. Begitu halnya terhadap angka kemiskinan yang tersisa pada titik 14%,” terangnya.

Begitu juga terhadap Sumber Daya Manusia, kabupaten Mitra memiliki sumber daya manusia di atas rata-rata. Sehingga mampu bersaing dengan kabupaten dan kota se-Sulut.

Dengan berbagai gebrakan yang di lakukan pemerintah kabupaten Mitra di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap, mampu membawa laju pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia serta menekan angka kemiskinan hingga turun dengan drastis di Kabupaten Mitra.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekda Mitra Robby Ngongoloy, unsur Forkopimda Mitra serta jajaran perangkat daerah di Lingkup Pemkab. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020