Cegah Corona, Pemda Sangihe Bentuk Satuan Gugus Tugas

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana bersama Kapolres Sangihe AKBP Tony Budhi Susetyo SIK.

Tahuna- Demi menjaga masyarakatnya terhindar dari penyebaran Virus Corona atau Covid 19 di Kabupaten Kepulauan Sangihe, pemerintah daerah membentuk Satuan Gugus Tugas yang bekerja menangani permasalahan tersebut. 

Satuan Gugus Tugas ini di isi seluruh OPD, TNI Angkatan Darat dan Angkatan Laut, Polisi dan KUPP serta lainnya. Bekerja bersama menangani upaya-upaya pencegahan penyebaran Virus Corona, agar tidak menjangkiti masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe. 

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana yang didampingi Kapolres Sangihe AKBP Tony Budhi Susetyo SIK mengatakan pembentukan Satuan Gugus Tugas ini penting, sebagai wadah yang jelas untuk menangani Virus Corona. 

“Kita membentuk Satuan Gugus Tugas ini sebagai kanal yang jelas untuk menangani Virus Corona. Walaupun di Sangihe belum ada yang terpapar virus itu, namun kita rasa perlu untuk mengantisipasi. Apa lagi kita yang ada di perbatasan,” kata JEG. 

“Dan gugus inilah yang mencoba mengantisipasi berbagai pendekatan, sosial kemasyarakatan, orang keluar masuk lewat pelabuhan, lewat bandara dan bagaimana penanganannya. Begitu juga yang ada di masyarakat kita,” lanjutnya.

Satuan Gugus Tugas juga merupakan tindaklanjut dari instruksi Presiden Republik Indonesia, sebagai langkah untuk mengantisipasi Virus Corona di daerah. 

“Ini juga merupakan sebagai tindak lanjut dari instruksi presiden, untuk penanganan di setiap daerah. Dan semua pihak, elemen masyarakat di libatkan di Satuan Gugus Tugas ini,” jelasnya. 

Dirinya pun mengungkapkan langkah konkret yang akan diambil oleh Pemda Sangihe ke depannya adalah dengan mengedukasi masyarakat agar paham dan bisa mengenali, serta mendeteksi Virus Corona.  

“Langkah konkret yang kita ambil adalah mengedukasi masayarakat, mensosialisasikan tentang Virus Corona ini, dan mendeteksi orang-orang yang keluar masuk di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Karena kita juga daerah yang berada di kawasan perbatasan. Jadi langkah itu perlu kita terapkan,” pungkasnya. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020