Didampingi Lumentut-Runtuwene, Menkes Saksikan 3000 Lansia di Manado Terima Vaksin COVID-19

Walikota Vicky Lumentut saat mendampingi Menkes Budi Sadikin dan Anggota DPR RI Felly Runtuwene.

MANADO — Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin bersama Ketua Komisi IX DPR RI Felly Runtuwene, yang turut didampingi Walikota Manado GS Vicky Lumentut memantau pelaksanaan pemberian Vaksin Massal bagi para pedagang di kawasan Pasar Pinasungkulan dan bagi kelompok lansia di Auditorium Universitas Sam Ratulangi, Manado, Jumat (5/3).

Dalam sambutannya, Menkes mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini merupakan rangkaian dari program Vaksinasi Nasional COVID-19 bagi 181,5 juta penduduk Indonesia dengan target pelaksanaan selama 1 tahun. Pemerintah telah menetapkan sasaran prioritas penerima vaksin COVID-19. Pada tahap kedua ini, pemberian vaksin di prioritaskan bagi 38,5 juta tenaga pelayanan publik. Karena mereka memiliki interaksi dan mobilitas tinggi sehingga rentan terpapar COVID-19.

“Tahap kedua yang harus diutamakan adalah lansia karena diantara 100 orang, lebih dari 50 orang yang fatal,” beber Menkes.

Pelaksanaan vaksinasi di Unsrat sendiri, merujuk pada data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, jumlah sasaran yang mendaftar untuk mengikuti vaksinasi sebanyak 8000 orang. Dari hasil skrining, vaksinasi diberikan kepada 3000 lansia dengan target pelaksanaan selama 1 hari.

“Saya sangat terharu karena banyak lansia yang antusias datang kesini untuk mengikuti vaksinasi,” imbuhnya.

Menkes menegaskan bahwa vaksinasi tidak menjamin seseorang terhindar dari penularan COVID-19, pemberian vaksin berfungsi untuk memberikan kekebalan bagi tubuh, sehingga ketika sakit maka sakitnya lebih ringan.

“Kehati-hatian berperilaku harus terus kita jalankan, yang pasti vaksin mengurangi risiko kita tertular. Oleh karenanya, mengingatkan seluruh masyarakat bahwa pondasi penting agar terhindar dari penularan COVID-19 adalah perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih sehat, caranya mudah yakni dengan menerapkan Protokol Kesehatan 3M,” terangnya.

Sementara, Walikota Manado Vicky Lumentut mengucapkan terima Kasih atas kunjungan Menteri ke Pasar Pinasungkulan.

“Semoga dengan kunjungan ini semakin menambah dukungan baik moril bagi para warga Manado dan tentunya bantuan perlengkapan alat-alat kesehatan dalam menghadapi pandemi ini secara bersama-sama. Untuk pemberian vaksin bagi para pedagang hari ini, pihak Dinkes Kota Manado telah menyiapkan 500 dosis vaksin bagi para pedagang” jelas Lumentut.

Terpisah, untuk vaksinasi di Auditorium Unsrat, Rektor Ellen Joan Kumaat mengatakan bahwa vaksinasi kali ini merupakan yang ketiga digelar di Unsrat. Pihaknya berharap kolaborasi bersama dalam rangka pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini bisa terus terjalin.

“Terima kasih atas kunjungan Bapak Menteri, kerja sama ini diharapkan terus berlanjut,” pungkasnya. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020