Jaga Kerukunan Umat Beragama, Pemkab dan FKUB Sangihe Terima Penghargaan Harmony Award

Manadoline.com, Tahuna- Menteri Agama RI Yaqut Cholil qoumas melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI. Prof DR Hj Nizar  M,Ag  menyerahkan penghargaan Harmony Award kepada pemerintah kabupaten dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang diterima Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Pengurus FKUB Pdt A. Makasar MTh.


Penghargaan diberikan sebagai apresiasi kementerian Agama RI terhadap keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB dalam sinergitas membangun kerukunan Umat beragama di Perbatasan NKRI Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Terpilihnya Kabupaten Sangihe dan FKUB sebagai penerima penghargaan Harmony Award adalah wujud kerja keras Pemerintah dan tokoh lintas Agama, masyarakat dalam membina kerukunan umat beragama di Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Kepala Pusat Kerukunan Umat beragama  kementerian Agama RI DR, Nifasri, M.Pd mengatakan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB wajar mendapatkan penghargaan Harmony Award, hasil dari penilaian tim independen dari external Kementerian Agama RI dan sebagai penghargaan yang didapatkan Kabupaten Kepulauan Sangihe berdasarkan  penilaian objektif  dan realistis  tidak ada intervensi dari siapa pun. 


“Kerukunan antar umat beragama,  antar pemeluk Agama dengan Agama lain terpelihara, berdampingan dan  menjujung tinggi toleransi antar semua golongan ditengah masyarakat Kabupaten  Sangihe,” katanya. 


Sementara itu Menteri Agama melalui Sekertaris Jenderal Kemenag Prof. DR. Hj. Nizar M.Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB, atas capaian dan prestasi yang diraih. 


“Penilaian ini adalah objektif bedasarkan indikator – indikator penilaian sebagaimana keberpihakan Pemda dalam konteks menjaga kerukunan umat beragama dari sisi Regulasi maupun dari bantuan-bantuan finansial menunjang operasional FKUB memperkuat toleransi dan keharmonisan dalam mengawal kerukunan umat beragama di kabupaten kepulauan Sangihe,” ujarnya. 


Sekjen Kemenag RI berharap prestasi yang dicapai hendaknya di pertahankan dan ditingkatkan agar Kabupaten kepulauan Sangihe menjadi contoh dalam hal kerukunan antar Umat beragama bagi Daerah-Daerah lain di Indonesia. 


Bupati Kabupaten Kepl.Sangihe. Bupati Jabes Ezar Gaghana SE,ME menyampaikan terima kasih atas penghargaan Kementerian Agama RI terhadap capaian dan prestasi tersebut.


“Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB dalam membangun kebersamaan Kerukunan Umat Beragama, ditengah masyarakat Bangsa dan Negara khususnya Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe,” jelasnya. 


“Melalui pemberian penghargaan Harmony Award Tahun 2020. Dalam hajatan Umat Muslim penyelenggaraan MTQ Bupati tetap minta dan bermohon pelaksanaan MTQ tetap dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Sangihe pada tahun 2022,” sambung Gaghana. 


Turut mendampingi Bupati hadir Kakanwil Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Utara H. Anwar Abu bakar S.Ag.M.Pd, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sangihe, Ketua Tim Penggerak PKK Dra. Ibu Hermin Riris Wati Gaghana Katamsi, Pengurus bersama Anggota FKUB, Pimpinan Agama, dan Kabag Kesra. (Zul/Adve)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020