Lomban: Kepala Sekolah Harus Jadi Pelopor Tangkal Hoax

Wali Kota Max J Lomban saat memberikan arahan kepada seluruh kepala sekolah se Kota Bitung. (Foto: HMP)

BITUNG – Seluruh kepala sekolah harus menjadi pelopor pemberantasan berita hoax. Hal itu disampaikan Wali Kota Bitung Maximiliaan J. Lomban, SE, M.Si pada pertemuan terbatas dengan kepala sekolah TK, SD, dan SMP se-Kota Bitung di pendopo kantor walikota, belum lama ini. “Kepala Sekolah TK, SD, dan SMP di Kota Bitung harus menjadi pelopor pemberantasan berita hoax dengan mengarahkan seluruh unsur pihak di sekolah mulai dari guru sampai kepada siswa dan orang tuanya untuk menyebarkan berita yang benar,” kata Lomban.

Lomban yang didampingi Sekretaris Daerah Pemkot Bitung, Audi Pangemanan dan Kadis Pendidikan, Julius Ondang menambahkan, pentingnya menyebarkan hal-hal yang baik guna pembentukan dan pendidikan karakter serta mental siswa agar terarah ke tujuan yang lebih baik. “Karena jika siswa terbiasa dengan berita yang tidak benar (hoax) maka pikirannya pun akan terisi dengan hal yang sama,” kata Lomban.

Senada juga dikatakan Sekda Pemkot Bitung, Audi Pangemanan, bahwa pentingnya pendidikan karakter terhadap siswa dengan cara stop sebarkan hoax Itu akan berpengaruh pada masa depan siswa. “Kita mengenal beberapa Perusahaan besar dan ternama seperti Google, Yahoo, Microsoft dan lainnya. Hampir semua orang berlomba-lomba untuk bisa bekerja pada perusahaan tersebut karena memiliki pendapatan gaji yang luar biasa besar. Tapi pada zaman sekarang ini untuk bisa masuk pada perusahaan sebesar itu yang dibutuhkan hanyalah skill yang bagus dan karakter/mental yang terdidik. Kita tidak bisa pungkiri bahwa hal itu bisa didapatkan jika siswa-siswa tersebut dididik dengan benar di sekolah selain dengan pendidikan akademik dan keterampilan tapi juga harus diimbangi dengan pendidikan karakter dan mental, salah satunya dengan mengarahkan para siswa untuk selalu menyebarkan kebaikan lewat berita-berita yang baik dan benar, karena dari situlah mereka mungkin saja dapat memperoleh pengetahuan yang baru dan karakter mereka pun akan semakin terarah kearah yang lebih baik,” tuturnya.

Kembali Lomban berharap Dinas Pendidikan Kota Bitung untuk berkolaborasi dengan pemerintah terkait mengatasi masalah-masalah penyebaran hoax dengan menginstruksikan kepada pihak sekolah yang ada di Kota Bitung untuk membagikan sejumlah prestasi yang telah diraih oleh Pemkot Bitung selama ini agar supaya masyarakat Kota Bitung menyadari bahwa selama ini pemerintah sudah melakukan yang terbaik untuk Kota Bitung dan hal ini juga tidak terlepas dari dukungan serta kolaborasi dari seluruh masyarakat Bitung. “Berkaitan dengan beberapa berita negatif yang beredar di media sosial terkait kekurangan yang masih ada di Kota Bitung, saya mengajak kepada kita semua untuk mengatasi hal itu dengan cara menyeberkan berita-berita yang baik terkait dengan prestasi yang sudah diraih oleh Pemerintah Kota Bitung agar supaya seluruh masyarakat tahu bahwa pemerintah selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik. Ini bukan semata-mata demi kepentingan pribadi, tapi demi Kota Bitung yang kita cintai,” tutup Lomban.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020