Menteri Terawan Titip Firman Tuhan Kepada Pemuda Kristen dalam Rakerda GAMKI Sulut

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Letjen TNI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad. (Foto:ist)

Manadoline, Manado — Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Letjen TNI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad membuka secara resmi kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD GAMKI Sulawesi Utara secara virtual yang digelar di Four Points Hotel Manado, Rabu (18/11/2020).

Dalam sambutannya Menteri Terawan meminta jajaran pengurus DPD GAMKI Sulut untuk ikut berpartisipasi dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan tahun 2020 yang akan digelar 9 Desember mendatang.

“Dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang terjadi saat ini, peran pemuda Indonesia sangatlah diperlukan, karena pemuda adalah pilar utama penyangga NKRI,” ungkap Menteri Terawan.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan Nasional dan pembangunan kesehatan, sangatlah ditentukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, karenanya pemuda Indonesia yang sehat jasmani dan rohani harus memiliki kompetensi yang utuh yang meliputi Knowledge, Attitude dan Skill dengan semangat pengabdian yang tinggi, kemudian pemuda Indonesia seyogyanya merupakan pemuda yang regilius, namum moderat serta menjunjung tinggi demokrasi dan toleransi dalam bingkai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Lanjutnya, dalam pengendalian Covid-19, pemuda harus memiliki kepedulian dan kepekaan serta jiwa sosial yang tinggi, menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, serta sebagai cerminan dari budaya bangsa.

“Terdapat lima kompetensi global yang harus dimiliki oleh tenaga kesehatan muda yang profesional antara lain keragaman, HAM, dan etnis, kedua: lingkungan, determinan kesehatan pada sosial ekonomi, tiga: epidemiologi pada penyakit global, empat: tata kelola kesehtan global, lima: sistem kesehatan dan kesehatan profesional,” tuturnya.

Terawan Agus Putranto menuturkan, kondisi SDM yang diharapkan untuk mendukung era revolusi industri 4.0 yaitu harus memiliki kompetensi profesionalitas, interprofesional dan kompetensi Four Point O.

Peran pemuda harapan bangsa adalah pemuda yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, rajin beribadah dan berakhlak mulia serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Pemuda yang memapu menghadapi tantangan yang dinamis terutama dalam memasuki era globalisasi dan revolusi industri, pemuda yang mampu menjadi inspirasi bagi orang lain serta dapat menyampaikan pikirannya atau berargumentasi dengan baik, bertindak penuh integritas dan bertanggungjawab serta mendahulukan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi dan golongan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran DPD GAMKI Sulawesi Utara dan stakeholder lainnya pada acara Rakerda. Didalam 1 Timotius 4 ayat 12 mengatakan Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu, semoga kegiatan ini membawa keberkatan dan pembaharuan bagi seluruh umat, terima kasih Tuhan atas petunjuk dan hikmat-Mu, Syalom,” pungkas Menteri Terawan. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020