Pedagang Bakar Pasar Bersehati Karena Kesal

DIBAKAR : Oknum pedagang Ain Daud saat diamankan setelah melakukan pembakaran di pasar bersehati.

MANADO – Penertiban pasar Bersehati kepada pedagang barito, Jumat (7/7) kemarin sempat menegangkan. Pasalnya, pedagang yang tidak terima dagangannya ditertibkan, sempat membakar pasar. Aksinya terlihat ketika menyiramkan minyak tanah ke dagangannya dan papan dagangan, kemudian membakar koran dan api menyebar hingga ke bagian kayu yang sudah terserap minyak tanah.

Ain Daud, oknum pedagang yang membakar pasar mengatakan sangat kecewa dengan sikap penertiban tersebut. Sebab, skornya dibesarkan dari hasil berjualan dilokasi tersebut tanpa ada rencana penertiban dari belasan tahun yang lalu. Namun kenapa sekarang ini baru dilaksanakan penertiban, apalagi dalam hal membayar retribusi tidak pernah terlambat.

“Kami tidak melanggar pembayaran retribusi, lalu kenapa ditertibkan ?. Sejak kecil hingga sekarang saya dibesarkan oleh hasil dagangan Barito, dan sangat tidak terima dengan tindakan penertiban. Lebih baik pasar dibakar, daripada harus kehilangan tempat berjualan,” ungkap Ain Daud saat membakar pasar.

Sambungnya, terlalu lama jika ditertibkan dan petugas masih mengangkat dagangan serta membuka meja alas. Lebih mudah jika dilenyapkan saja dengan dibakar biar tidak rumit. Dan jika tidak terima dengan aksi pembakaran, silahkan kalian bunuh saya.

“Kalo ngoni nyanda senang kita ada bakar pasar, mari Jo baku tikam. Kalo pun mo ruju pa kita, silahkan. Kita kecewa, itu saja,” tukas Ain Daud.

Sementara, Kabag Umum PD Pasar Kota Manado Hentje Lumentut menegaskan sesuai instruksi pimpinan, tidak ada penundaan penertiban. Tetap dilaksanakan, karena sudah memberi waktu dua hari untuk menertibkan sendiri barang dagangan.

“Tidak ada penundaan, penertiban sesuai rencana tegas harus dilaksanakan. Karena kami sudah menyurat hingga kedelapan kali, tapi disepelekan pedagang. Sehingga, penertiban tidak lagi ditunda, dan harus dilaksanakan,” terang Lumentut.

Dari pantauan Manadoline, oknum pembakar pasar Ain Daud kemudian langsung diamankan Kepolisian Polresta Manado, untuk diberi pembinaan.(Stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020