Resmi!!!! Hasil Rekapitulasi KPU Kabupaten Minahasa , Ivansa-CNR 35,59% – ROR-RD 64,41%

(Penandatanganan rekapitulasi hasil perhitungan suara dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah 2018 di Kabupaten Minahasa)

TONDANO – Setelah berproses hampir seharian, pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah 2018 di Kabupaten Minahasa, akhirnya secara resmi ditutup dan telah ditetapkan hasil perhitungan suara dalam gelaran 5 tahunan ini, oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa. Rabu (4-7-2018)

(Penandatanganan rekapitulasi hasil perhitungan suara dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah 2018 di Kabupaten Minahasa)

Pleno yang dipimpin Ketiga petinggi KPU Minahasa yakni Lord A. Malonda (Ketua) didampingi Komisioner Rendy Suawa dan Lidya Malonda, yang terpantau berjalan baik hingga selesai.

Berikut hasil rekapitulasi suara, dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah 2018 di Kabupaten Minahasa : Pasangan Calon Ivan Sarundajang-Careig N Runtu (IvanSa-CNR) memperoleh 70.900 suara. Sedangkan Roy Oktavianus Roring-Robby Dondokambey (ROR-RD) meraih 132.152  suara, dengan persentase pasangan calon nomor urut 1  IvanSa-CNR memperoleh 35,59 % dan pasangan calon nomor urut 2 ROR-RD memperoleh 64,41%.

(Pembacaan hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten, oleh Ketua KPU Kabupaten Minahasa Lord A. Malonda dan disaksikan lamgsung oleh Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung Dandim 1302 Minahasa, Kasie Intel Kejaksaan Negeri Minahasa Noprianto. S. serta Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa)

Sedangkan jumlah pemilih yang menggunakan hak suara baik dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Pengganti KTP serta DPT Tambahan sebanyak 205158.

(PPK se Kabupaten Minahasa, dalam mengikuti proses rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara)

Dalam pleno ini, Ketua KPU Kabupaten Minahasa Lord A. Malonda membeberkan tahapan selanjutnya, yang juga menjadi tahaoan terkahir dalam Pemilihan Kepala Daerah 2018 di Tanah Toar Lumimuut ini.

(Foto bersama Komisioner KPU Kabupaten Minahasa bersama dengan jajaran Forkompimda Kabupaten Minahasa, Panwaslu serta saksi dari tiap-tiap pasangan calon)

“Tahapam selanjutnya ialah, penetapan Paslon terpilih yang dijadwalkan 7 sampai 9 Juli 2018 mendatang” ungkap Alumus Universitas Negeri Manado ini, sembari mengatakan Terima kasih kepada semua yang telah mensukseskan Pilkada Minahasa terlebih para komisioner periode sebelumnya.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Minahasa Rendi Umboh memberikan apresiasinya kepada pihak KPU Minahasa yang dinilai sukses menggelar Pilkada Minahasa tahun 2018, karena tingkat partisipasi melebih target nasional KPU, yakni mencapai 81,69 persen partisipasi pemilih dibanding tahun sebelumnya.

“Proses perhitungan hingga rekapitulasi telah berjalan baik walau ada hal kecil terkait teknis yang perlu diperhatikan. Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi yang begitu tinggi atas kinerja yang baik dari KPU Kabupaten Minahasa” ungkapnya.

Diketahui juga turut hadir, dalam rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara ini, ialah saksi kedua Pasangan calon, seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panwas, jajaran Forkompimda Kabupaten Minahasa yakni Asisten I Setdakab Minahasa Denny Mangala yang mewakili Penjabat Bupati Minahasa Royke H. Mewoh, Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Juberth N. Purnama, Kasie Intel Kejaksaan Negeri Minahasa Noprianto, yang mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa. ***

Penulis : Riedel Memah

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020