Undang Kab/Kota se Sulut, IKISST: Persiapan Upacara Adat Tulude sudah 75 %,

Rapat koordinasi IKISST panitia persiapan hajatan Upacara Adat Tulude, Rabu (6/2/2019).

MANADO – Kelender iven hajatan upacara Tulude yang setiap tahun dilaksanakan Pemkot Manado terus dimatangkan Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) sebagai pihak panitia penyelenggara.

“Persiapan sudah 75 persen. Kami panitia terus melakukan rapat koordinasi untuk suksesnya hajatan adat masyarakat Nusa Utara ini. Mungkin rapat minggu depan persiapan sudah 90 persen,” jelas Ketua IKISST, Urbanus Naharia usai rapat koordinasi, Rabu (6/2/2019).

Rapat yang berlangsung di Gedung Youth Center kawasan Megamas itu melibatkan instansi terkait seperti Pemkot Manado diwakili Dinas Pariwisata, Pemprov Sulut dan perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh adat Nusa Utara di Manado.

“Meskipun ini hajatan adat warga Nusa Utara tapi ini kegiatan milik Pemerintah Kota Manado yang sudah dikalender ivenkan setiap tahunnya. Kami (IKISST) perwakilan tokoh masyarakat Nusa Utara di Manado hanya sebagai pelaksana,” tambah Naharia.

Saat ini yang sudah rampung rundown acaranya seperti pengisian acara, pagelaran yang akan tampil serta tamu undangan dan VIP. “Semua kabupaten/kota kami undang. Yang sudah bersedia hadir Bupati dan Pimpinan Dewan Kabupaten Sangihe. Pokoknya minggu depan sudah finishing persiapan kami,” ungkap Naharia.

Upacara Adat Tulude tahun ini akan dilaksanakan 14 Februari 2019. Menariknya, prosesi kue adat Tamo akan diarak dari gereka Sentrum sampai di lokasi pusat hajatan di lapangan Sparta Tikala, depan Kantor Wali Kota Manado. ***

Penulis: antoreppy

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020