Kabel Listrik Milik PLN Bergelantungan Rendah Nyaris Makan Korban

Keadaan kabel listrik milik PLN yang bergelantungan rendah menuju arah TPA Ratahan.
Keadaan kabel listrik milik PLN yang bergelantungan rendah menuju arah TPA Ratahan.

RATAHAN — Kabel listrik yang seharusnya berada di ketinggian aman bagi pengguna jalan, terlihat bergelantungan rendah dijalan masuk ke arah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Kecamatan Ratahan.

Keadaan kabel listrik tersebut nyaris makan korban, saat petugas pengangkut sampah lewat menuju ke TPA Ratahan, Senin (4/6/2018), dua hari yang lalu, untuk membuang sampah.

Rommy Langkoda petugas pengangkut sampah yang kebetulan berada diatas mobil pengangkut mengakui, saat lewat dipertigaan menuju ke TPA sempat tersangkut di kabel listrik dan merasakan kena setrum dari kebel yang bergelantungan rendah tersebut.

“Saya bersyukur ada teman-teman saya yang kebetulan berada di atas truk sampah. Jadi tidak terlempar keluar dari truk,” kata Langkoda kepada wartawan ManadoLine.com, saat hendak melaporkan kegiatan mereka di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minahasa Tenggara (Mitra), Rabu (6/4/2018).

Dirinya mengakui hingga keesokan hari setelah kejadian masih merasakan kram di sekucur tubuh akibat bersentuhan dengan kabel listrik.

“Sampai kemarin, (Selasa, 5/6/2018, red) kita pe badan masih barasa kram karna da kena kabel listrik. (Hingga kemarin hari, tubuh saya masih merasakan kram karena terkena kabel listrik, red),” ungkap Langkoda.

Rommy Langkoda petugas pengangkut sampah yang hendak melaksakan tugas usai melaporkan kegiatannya di DLH Mitra.

Menurutnya, kejadian tersebut sudah dikeluhkan ke DLH Mitra untuk diteruskan ke pihak terkait yakni PLN Mitra. “Sudah saya laporkan kejadiannya ke dinas,” tambahnya.

Sementara itu, DLH Mitra lewat Kabid Persampahan, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Deddy Siwi SKep, mengakui telah menyampaikan kejadian tersebut ke PLN Mitra untuk dilakukan tindakan terkait kabel yang bergelantungan rendah tersebut.

“Sudah kami laporkan kejadiannya ke pihak PLN dan tinggal menunggu tindakan yang akan mereka lakukan untuk meninggikan kabel listrik yang sudah rendah,” kata Siwi.

Pihak PLN Mitra saat dikonfirmasi mengatakan, akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan tindakan menaikkan kabel listrik yang rendah, agar tidak menimbulkan masalah lagi bagi pengguna jalan.

“Memang benar sudah ada yang datang mengeluhkan terkait kejadian tersebut, dan kami akan segera memperbaiki masalah tersebut,” terang Kepala PLN Mitra Royke Karongkong, lewat Supervisor Teknik PLN Mitra Enjel Lakumani.

Namun menurutnya, kabel yang bergelantungan rendah tersebut kemungkinan tidak akan menyebabkan orang terkena aliran listrik, sebab kabelnya terbungkus.

Ia pun menambahkan, masih ada kendala terkait perbaikan tersebut, sebab pihak PLN masih menunggu material tiang listrik.

“Jika materialnya sudah ada akan secepatnya kami atasi permasalahan tersebut,” ujar Lakumani. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020