Mantiri Dianugrahi "Bataha Lahansang Malintoi"

Wakil Walikota Ir Maurits Mantiri saat menerima gelar adat
Wakil Walikota Ir Maurits Mantiri saat menerima gelar adat
(Wakil Walikota Ir Maurits Mantiri saat menerima gelar adat “Bataha Lahansang Makintoi”).

 

BITUNG – Pesta adat Tulude Kota Bitung berlangsung meriah. Hajatan tahunan yang digelar di lapangan kantor walikota, Rabu (01/02/2017) di hadiri masyarakat Kota Bitung.

 

Prosesi adat tulude diawali dengan pemberian anugrah “Bataha Lahansang Malintoi” kepada Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri. Gelar adat “Bataha Lahansang Malintoi” yang mempunyai arti pemimpin yang arif dan bijaksana.

 

Penyerahan gelar adat itu ditandai dengan penyematan selempang dan paporong juga pemotongan kue Tamo oleh Afni Sahuhiang dan Amos Kakombo S.Sos. Selain itu juga digelar tarian masamper.

 

“Gelar syukur Tuludeperlu kita lestarikan karena merupakan kebudayaan yang sangat luhur yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita. berkenaan dengan itu, diperlukan komitmen bersama untuk terus mewariskan tradisi ini kepada generasi berikutnya, disertai rumusan-rumusan yang jelas dan otentik tentang sejarah dari tulude itu sendiri,” demikian disampaikan Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban juga selaku Bataha Darame Nusa atau yang berarti pemimpi yang mempersatukan.(herry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020