Peringatan HARKITNAS ke 110, Pemkab Minahasa Gelar Upacara Bendera

(Penjabat Bupati Minahasa Royke H. Mewoh saat menyampaikan amanat dari Mentei Komunikasi dan Informatika)

TONDANO – Bertempat di  Halaman Kantor Bupati Kabupaten Minahasa, pagi ini Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS), yang dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Minahasa Royke H. Mewoh. Senin (21-5-2018)

(Penjabat Bupati Minahasa Royke H. Mewoh saat menyampaikan amanat dari Mentei Komunikasi dan Informatika)

Dalam upacara yang bertemakan Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Di Era Digital ini, Mewoh membacakan amanat Mentri Komunikasi dan Informatika.

(Saat Pengibaran Sang Merah Putih Oleh Paskibraka)

Yang dalam amanatnya menyampaikan, Ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa.

(Peserta upacara bendera dari Jajarn Pemkab Minahasa, Siswa – Siswi SMA serta para Veteran)

“Sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama, kemerdekaan Bangsa” ungkapnya.

(Saat dilaksanakannya Upacara di Taman Makam Pahlawan Nasional Dr. G.S.S Sam Ratulangi yang diinpekturi Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Juberth N. Purnama) 

“Presiden pertama dan proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Ir. Soekarno pada peringatan hari kebangkitan Nasional tahun 1952 mengatakan bahwa, Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu ide, satu naluri pokok dari pada bangsa Indonesia. Dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana saat itu, mereka terus menghidup-hidupi api Nasionalisme dalam diri masing-masing” Mewoh lebih lanjut sembari menambahkan, Butir Kelima dari nawacita kabinet presiden Joko Widodo dan wakil presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan.

(Foto Bersama didepam Makam Dr. G.S.S SAM RATULANGI)

“Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital” Dalam peringatan hari kebangkitan nasional, 21 mei 2018, ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia” tukasnya.

Diketahui setelah upacara,  Penjabat Bupati Minahasa Royke H Mewoh, bersama – sama dengan jajaran Forkompimda Kabupaten Minahasa serta jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional dan Mahkam Pahlawan Dr. G.S.S. Sam Ratulangi. ***

Penulis : Riedel Memah