Camat Sario Beberkan Capaian PAD Dari Pajak dan Retribusi

Camat Sario Handri Lasut

MANADO — Camat Sario Handri Lasut mengatakan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari segi Pajak dan Retribusi mengalami ketimpangan. Untuk pajak bergerak naik sementara untuk retribusi belum menunjukkan kenaikan pendapatan.

“Untuk pendapatan pajak dari sisi PBB mengalami peningkatan yang sampai September ini sudah pada posisi 70%. Sementara, untuk retribusi masih berada di kisaran 30% realisasi. Tentunya, penarikan PAD dari kedua sektor ini berbanding terbalik. Karena ada beberapa kekurangan yang harus dibenahi terutama terkait sosialisasi mengenai aturan baru tarif retribusi yang belum maksimal disosialisasikan oleh lurah dan Kepala Lingkungan (Pala) kepada masyarakat wajib pajak,” ujar Lasut.

Tambahnya, oleh sebab itu, saya sudah perintahkan kepada setiap Lurah dan Kepala Lingkungan untuk mensosialisasikan aturan baru terkait retribusi, bagaimana para wajib pajak bisa mengetahui dan membayar retribusi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Karena, kalau berpatokan dengan aturan yang lama, tentunya target realisasi yang akan dicapai tidak akan sampai pada angka yang direncanakan. Oleh sebab itu, akan dimaksimalkan sosialisasi mengenai aturan yang baru, agar diharapkan terjadinya peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Dimana, kami pihak Kecamatan optimis hingga Desember nanti capaian 30% realisasi retribusi saat ini, bisa sampai 50% hingga akhir tahun,” pungkas Lasut. (swb).