Botol dan Gelas Mineral Penyumbang Terbesar Sampah Plastik di Sangihe

Foto ilustrasi.

Tahuna- Botol dan gelas air mineral menjadi salah satu penyumbang sampah plastik terbesar di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hal itu dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Ronald Izaak kepada media ini, Kamis (13/2/2020) di ruangan kerjanya. 

Menurutnya, Dampak negatif yang ditimbulkan akibat sampah plastik sangat besar, diantaranya membuang sampah sembarangan dapat mengakibatkan pendangkalan sungai, hilangnya kesuburan tanah hingga terkontaminasinya hewan laut akibat mengonsumsi sampah plastik. 

“Dibanding dengan tas plastik yang paling sering digunakan masyarakat, yang lebih mengkhawatirkan adalah bekas tempat air mineral. Sumbangan sampah dari tas plastik oleh masyarakat belum terlalu signifikan yang perlu dikawatirkan ialah bekas tempat air mineral,” kata Izaak.

Lanjut Izaak, sampai saat ini belum ada data pasti berapa banyak sampah plastik yang ada di kabupaten Kepulauan Sangihe. Sampai saat ini DLHD belum melakukan kajian terkait pemilahan jenis sampah plastik. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Ronald Izaak.

“Terkait berapa jumlah sampah yang disumbangkan masyarakat kami belum tahu, itu nanti akan diketahui setelah ada bank sampah dimana disana, masyarakat akan menjual dan akan di dapat data real, dan tidak ada metode lain untuk mengetahui hal tersebut,” ujarnya. 

Sebagai bentuk keseriusan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Sangihe, pihaknya akan menyurat ke pihak Pertamina guna bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam penanggulangan masalah sampah plastik.

“Untuk permasalahan sampah plastik di area hutan mangrove, kami (DLHD) meminta Corporate Social Responsibility (CSR) ke pihak Pertamina. Salah satu yang kami minta ialah perahu untuk mengangkut sampah sehingga nantinya kami akan menempatkan petugas dan itu sudah kami sampaikan minggu lalu ke pihak Pertamina. Kalaupun itu terealisasi kami akan menentukan wilayah-wilayah kerja,” pungkasnya. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020