Bakti Sosial Lanal Tahuna Bersama Masyarakat Rendingan, Bersihkan Pantai

Lanal Tahuna bersama masyarakat melakukan aksi bersih-bersih Pantai Kampung Rendingan.

Manadoline.com, Tahuna- Lanal Tahuna bersama masyarakat Kampung Rendingan Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe, melakukan aksi bersih-bersih pantai, Kamis (10/06/2021). 


Tampak, sampah-sampah yang ada di sepanjang pinggiran pantai maupun rumput liar dan barang pohon yang mengganggu akses jalan menuju Tambatan Rendingan dibersihkan oleh jajaran Lanal Tahuna, masyarakat bersama pemerintah kampung. 


Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin M.Tr Hanla menyampaikan ini merupakan bakti sosial Lanal Tahuna, sebagai salah satu wujud mensukseskan Program Angkatan Laut Republik Indonesia, yakni Kampung Bahari Nusantara. 

Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin M. Tr Hanla.


“Pagi ini kita melaksanakan Bakti Sosial berupa kerja bakti membersihkan pantai di Kampung Rendingan, yang merupakan Kampung Bahari Nusantara. Dimana dalam Kampung Bahari Nusantara tersebut ada 5 cluster yang akan kita titik beratkan. Yakni yang pertama cluster Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, Pariwisata dan Pertahanan,” ungkapnya.


“Kedepannya untuk Cluster Pendidikan, kita akan bangun Rumah Pintar di dekat Kantor Kapitalaung (Kepala Desa) Kampung Rendingan. Diharapkan ketika Kampung Rendingan diresmikan sebagai Kampung Bahari Nusantara, semua cluster meningkat. Seperti Cluster Ekonomi, kita akan budidaya dan pembibitan rumput laut, adanya rakit atau bagan. Cluster Pariwisata, kita akan kembangkan Pariwisata Edukasi yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan di Kampung Rendingan,” sambung Danlanal. 


Kampung Bahari Nusantara dijelaskan Danlanal, merupakan salah satu program unggulan Angkatan Laut Republik Indonesia. Jadi dirinya menyampaikan jika kedepannya akan ada kampung-kampung lain yang akan dijadikan Kampung Bahari Nusantara. 

Kebersamaan jajaran Lanal Tahuna dengan masyarakat dan pemerintah Kampung Rendingan.


“Kampung Bahari Nusantara merupakan program unggulan Angkatan Laut Republik Indonesia. Dimana target atau tujuannya kampung-kampung yang ada, khususnya di wilayah perbatasan dapat meningkat dari semua aspek, yang utama bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di kampung tersebut,” ujarnya.


“Kedepannya secara bertahap kita akan jadikan kampung-kampung lainnya sebagai Kampung Bahari Nusantara. Sudah ada kampung yang masuk kriteria kita (Lanal Tahuna), kita fokuskan yang akses susah akses masuknya. Mudah-mudahan kampung-kampung bahari lainnya bisa segera terwujud,” tegas Danlanal. 


Sementara itu Kepala Desa Kampung Rendingan Abdul Rahman Nagareng merasa senang dan bersyukur atas perhatian dari Angkatan Laut Republik Indonesia melalui Lanal Tahuna. 


“Saya selaku Kapitalaung (Kepala Desa) Kampung Rendingan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Bahwa boleh terjalin kerjasama antara pemerintah kampung dengan Lanal Tahuna, sehingga hari ini terlaksananya bakti sosial. Dan Rendingan menjadi prioritas dijadikan Kampung Bahari Nusantara, sehingga ke depan akan meningkatkan perekonomian masyarakat kampung,” pungkasnya. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020