Serbuan Vaksinasi Lanal Tahuna, Bagi Warga Pesisir di Pantai Embuhanga

Manadoline.com, Tahuna- Lanal Tahuna menggelar vaksinasi di Pantai Embuhanga, Kampung Petta Selatan Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe Sabtu (17/07/2021). 


Ada 350 peserta yang menjadi target Lanal Tahuna, untuk divaksinasi Vaksin Bio Farma. Dan terpantau dari awal kegiatan sekitar pukul 08.00 Wita, warga sekitar sangat antusias mengikuti kegiatan vaksinasi. 


Protokol kesehatan bagi para peserta pun diterapkan sangat ketat oleh panitia penyelenggara. Sebelum mendaftar, peserta diwajibkan mencuci tangan serta memakai masker. Dan untuk menghindari antrian panjang, peserta diberi nomor antrian. 


Setelah mendapat nomor antrian, satu persatu peserta dipanggil, selanjutnya mendaftar sesuai dengan KTP, diperiksa kesehatannya, dan dilakukan vaksinasi oleh tenaga medis dari Lanal Tahuna, Puskesmas Enemawira dan Polres Sangihe. 


Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin M.Tr Hanla mengatakan jika kegiatan vaksinasi ini merupakan program vaksinasi serentak seluruh Indonesia, yang dipimpin langsung Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. 


“Kegiatan vaksinasi ini dilakukan serentak yang dipimpin Panglima TNI. Dan kita dari Lanal Tahuna hari ini (17/07/2021) melaksanakan di Pantai Embuhanga Kampung Petta Selatan Kecamatan Tabukan Utara. Kenapa kita memilih di sini adalah untuk menyasar kawasan atau daerah pesisir yang jauh dari posko vaksinasi pemerintah daerah,” ujar Danlanal. 

Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin M.Tr Hanla (tengah).


Tidak hanya warga di Pantai Embuhanga Kampung Petta Selatan, sebelumnya warga di Kampung Rendingan Kecamatan Tabukan Tengah juga telah merasakan vaksinasi yang dilaksanakan Lanal Tahuna, dan akan ada beberapa daerah kawasan pesisir lainnya yang menjadi target vaksinasi Lanal Tahuna. 


“Untuk hari ini target peserta yakni 350 orang dan vaksin yang digunakan Vaksin Bio Farma. Pastinya banyak sekali kawasan atau daerah pesisir yang menjadi target vaksinasi Lanal Tahuna. Tapi untuk saat ini kedepannya kita akan lakukan vaksinasi di Kelurahan Apesembeka, dan di Pelabuhan Tahuna. Karena kemarin belum menyeluruh yang divaksinasi, seperti para pelaku usaha dan pelaku kegiatan perjalanan di sana,” jelasnya. 


Danlanal menghimbau agar masyarakat yang belum di vaksin untuk segera mengikuti vaksinasi. Dan juga meminta bagi masyarakat yang sudah di vaksin, tetap menjaga protokol kesehatan. 


“Yang belum di vaksin, mari lah mendaftarkan diri untuk vaksin karena gratis,aman dan halal. Perlu saya sampaikan juga, bagi masyarakat yang sudah di vaksin untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.


“Karena setelah di vaksin bukan berarti kita bebas corona. kalau kita tidak terapkan disiplin protokol kesehatan maka kita akan terserang corona. Jadi tetap waspada, jangan lengah dan harus disiplin penerapan protokol kesehatan,” pinta Danlanal. 


Sarini Mahadidek, masyarakat peserta vaksinasi mengaku senang dengan kegiatan vaksinasi. Sebab, ada beberapa masyarakat yang ingin sekali vaksin, tapi karena jarak yang jauh, tak jadi ikut vaksinasi. 


“Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Lanal Tahuna, karena sudah mau jauh-jauh datang dari Kota Tahuna melakukan kegiatan vaksinasi. Saya sebenarnya sudah dari lama pingin vaksin, tapi terkendala karena tempat yang jauh. Jadi alhamdulillah hari ini ada Lanal Tahuna, saya dan warga di Embuhanga sudah di vaksin,” pungkasnya sambil tidak merasakan adanya keluhan atau efek samping setelah di vaksinasi. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020