Dicoklit KPU, Bawaslu Bitung Masih Temukan Ratusan Data Pemilih Bermasalah

BITUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung sejak 15 Juli hingga Agutus melakukan tahapan Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Nyatanya, di lapangan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bitung masih menemukan ratusan warga yang belum terdaftar dalam Coklit tersebut.

Sosialisasi penyelesaian sengketa cepat dalam Pilkada yang dilaksanakan Bawaslu Bitung. (foto: dok)

“Masih ada pemilih yang memenuhi syarat tidak ada dalam form A.KWK. Kami juga menemukan ada pemilih yang sudah seharusnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS), tapi masih ada di A.KWK. Ada juga puluhan rumah yang sudah dicoklit tapi tidak ditempel stiker serta ada yang sudah pindah domisili tapi tetap dicoklit juga ada yang sudah meninggal tapi masih ada di A.KWK,” jelasnya.

Dia meminta agar KPU Bitung memperbaiki apa yang jadi temuan Bawaslu tersebut karena data akurat juga dikantongi Bawaslu.

“Kami telah menyampaikan dan meminta ke KPU, untuk dapat memperbaiki masalah data tersebut, supaya saat pelaksanaan pilkada nanti akan berjalan sesuai dengan harapannya,” ujarnya.

“Hak-hak konstitusi warga tetap terjaga serta bagi pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat harus benar-benar dihapus dalam daftar.” Tambah mantan Ketua KPU Bitung ini. (*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020